logo villa bali premium

15 Rekomendasi Makanan di Bali yang Autentik, Wajib Coba

15 rekomendasi makanan di Bali berikut ini akan menjadi petunjuk yang sempurna bagimu. Setiap makanan memiliki rasa yang autentik, benar-benar mencerminkan rempah Bali tradisional yang tiada duanya.

Tak lengkap jika berlibur ke Bali hanya untuk menikmati pemandangan. Mencicipi dan menikmati makanan yang khas akan membuat liburanmu terasa lengkap.

Ini 15 Rekomendasi Makanan di Bali

Berikut ini 15 rekomendasi yang wajib kamu coba, tidak akan kamu temukan rasa yang autentik di daerah lain:

1. Ayam Betutu

Rekomendasi pertama adalah Ayam Betutu khas Bali. Kamu pasti tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Sebab, makanan ini adalah hidangan yang yang umum bagi masyarakat Bali.

Hal unik pada makanan ini adalah daging ayam direbus dan dipanggang dalam bentuk yang masih utuh. Berbagai bumbu khas tradisional ada dalam daging ayam utuh  tersebut. 

Dengan demikian, bumbu akan meresap sempurna dari dalam keluar selama proses pemanggangan. Air dan lemak yang menguap sempurna membuat daging ayam terasa juicy. Aromanya benar-benar khas dan menggugah selera.

2. Sate Lilit

 

Berikutnya masih makanan khas yang mudah kamu temukan, bahkan di warung makan kecil sekalipun adalah Sate Lilit khas Bali dengan rasa yang gurih pedas. Sate Lilit terbuat dari daging ayam, ikan, atau babi. Sebab itu, kamu dapat menanyakan jenis daging kepada penjual sebelum menyantapnya.

Bahan utama tersebut digiling halus, kemudian dibumbui dengan bumbu genep khas Bali. Selanjutnya, daging dililit kepal ke batang serai, lalu dipanggang di atas bara arang. Gurih bumbu, serai, dan aroma arang bakar menyatu dengan sempurna.

Tekstur Sate Lilit adalah gabungan antara empuk dan kenyal. Dengan rasa yang autentik, kamu tidak akan mudah untuk melupakannya.

3. Ikan Goreng Mak Beng

Rekomendasi makanan di Bali selanjutnya adalah Ikan Goreng Mak Beng. Ini adalah menu andalan dari Warung Mak Beng yang berlokasi di Jl. Hang Tuah, Denpasar Selatan.

Main ke pulau Bali memang juga harus mencicipi hidangan laut asli. Tak hanya Jimbaran, ikan goreng yang satu ini juga layak kamu coba. Menu ini tersaji bersama sop kepala ikan dan sambal.

Selain bumbu khas Bali, makanan ini juga memiliki rasa segar yang kuat. Sebab, ada potongan kecil jeruk nipis pada sambal ikan goreng. Sedangkan pada sop, kamu dapat menemukan irisan ketimun segar.

4. Tum Ayam

Tum Ayam khas Bali adalah makanan enak, walaupun tanpa melalui proses penggorengan. Terbuat dari daging ayam cincang kasar dan bumbu khas Bali, makanan ini dimasak dengan proses pengukusan dalam bungkus daun pisang.

Berbagai bumbu meresap sempurna serta aroma daun pisang yang sedap membuat makanan ini paling enak tersaji bersama nasi putih hangat. Teksturnya lembut dan kenyal. Gurihnya daging ayam berbumbu, lumer dalam lidahmu.

5. Lawar Ayam

Rekomendasi makanan di Bali selanjutnya adalah Lawar Ayam. Ini termasuk santapan yang mudah kamu temukan. Lawar Ayam adalah campuran daging ayam cincang, sayuran, kelapa parut, terasi, dengan bumbu khas Bali.

Lawar biasanya tersaji dengan nasi putih hangat dan lauk pauk lain. Misalnya adalah potongan Ayam Betutu. Sayur-sayuran pada lawar membuat makanan ini terasa segar dan mengenyangkan.

Tak hanya sekedar makanan khas, lawar rupanya memiliki unsur budaya yang kuat bagi masyarakat Bali. Makanan ini umumnya juga tersaji dalam acara maupun upacara keagamaan.

6. Sate Plecing

Tak kalah enak dengan beberapa rekomendasi sebelumnya, rekomendasi selanjutnya adalah Sate Plecing. Seperti namanya, sate ini dibumbui dengan bumbu yang serupa dengan sayur plecing.

Itulah sebabnya sate ini memiliki paduan rasa gurih pedas sekaligus asam yang segar. Ini tentu jelas berbeda dengan sate ayam pada umumnya yang dominan dengan bumbu kecap manis dan sambal kacang.

7. Nasi Jinggo

Rekomendasi makanan di Bali selanjutnya adalah Nasi Jinggo. Nasi Jinggo adalah nasi sekepalan tangan yang terbungkus daun pisang. Lauk pauknya antara lain terdiri dari ayam suwir, sambal, hingga sambel goreng.

Makanan ini juga memiliki sejarah budaya yang kuat. Dahulu kala, dimana terdapat pasar yang beroperasi 24 jam. Para pedagang pasar tentu membutuhkan makanan untuk menahan lapar. Maka, munculah Nasi Jinggo.

8. Nasi Campur Bali Men Weti

Jalan-jalan ke pantai Sanur menikmati sunrise, kamu dapat mampir sarapan Nasi Campur Bali Men Weti. Lokasinya tak terlalu jauh dari pantai, sehingga kamu dapat bersantap sekaligus menikmati keindahan pantai.

Nasi Campur Bali Men Weti terdiri dari nasi putih, sayur, ayam, kulit ayam goreng, hingga sambal yang semua menggunakan bumbu khas Bali. Tak hanya itu, tepat sebelum disajikan, racikan nasi, lauk, dan sayur akan disiram kuah kaldu kuning yang menambah rasa autentiknya.

9. Jukut Undis

Selanjutnya adalah kuliner khas dari daerah Buleleng, Bali. Jukut Undis adalah makanan unik berupa sup kacang hitam. Kacang hitam yang kaya nutrisi, membuat sup ini tidak hanya nikmat, tetapi juga baik bagi kesehatan.

Melalui proses pemasakan yang memang tak terlalu singkat, kacang hitam terasa gurih sedap dalam kaldu sapi dan berbagai rempah. Jukut Undis biasanya disantap sebagai pendamping Nasi Campur khas Bali.

10. Sate Kakul

Rekomendasi makanan di Bali selanjutnya adalah Sate Kakul. Kakul adalah daging kerang darah atau lebih umum masyarakat kenal sebagai keong sawah. Sebab, keong ini biasa hidup pada area persawahan.

Seperti daging keong pada umumnya, daging kakul juga terasa lembut dan kenyal. Namun, yang membuatnya istimewa adalah campuran bumbu rempah khas Bali. Tak hanya itu, sambal untuk sate ini adalah campuran dari kacang dan kelapa parut sangrai. Hal ini tentu membuat Sate Kakul dobel nikmat.

11. Rujak Bulung

Tak kalah khas dengan beberapa rekomendasi makanan sebelumnya, rekomendasi kali ini masuk kategori hidangan laut. Namun, bukan terbuat dari ikan atau udang, melainkan dari rumput laut.

Rujak Bulung adalah hidangan rumput laut dan kacang polong hitam yang tersaji dengan kuah pindang. Maka, sensasi rasanya adalah campuran asin, gurih, dan pedas. Sedangkan pada bagian atas, kamu akan menemukan taburan kacang merah.

Makanan unik yang satu ini tentu akan sulit untuk kamu temukan pada daerah lain. Jadi, sebaiknya tidak kamu lewatkan.

12. Rujak Kuah Pindang

Rekomendasi selanjutnya mirip dengan yang sebelumnya. Keduanya adalah rujak dengan kuah pindang, namun yang ini bahan rujak terdiri sayur mayur dan buah-buahan segar.

Untuk isi sayur dan buah dapat beragam, misalnya adalah nanas, belimbing, timun, wortel, tauge, kedondong, dan sebagainya. 

Jika ingin mencoba rujak yang satu ini, sebaiknya kamu memesan sesuai dengan selera tingkat kepedasan. Jadi, kamu benar-benar dapat menikmati rasa buah sayur asli berpadu dengan kuah pindang yang nikmat.

13. Sambal Matah

Rekomendasi makanan di Bali selanjutnya adalah Sambal Matah. Memang sudah cukup populer dan umum pada berbagai tempat. Namun, jika kamu berkunjung ke Bali, sebaiknya kamu sempatkan untuk mencoba rasa asli dari Sambal Matah ini.

Seperti namanya, bahan-bahan Sambal Matah tidak melalui proses pemasakan, alias mentah. Ini menjadi keunggulan, sebab mempertahankan rasa segar dari setiap bahan.

Sambal ini terdiri dari bawang merah, cabai, terasi, serai, hingga minyak. Kamu dapat menikmatinya sebagai pendamping berbagai masakan khas Bali lainnya. Misalnya, Nasi Campur, Ayam Betutu, atau Sate Lilit.

14. Jukut Ares

Pernah membayangkan menyantap batang pohon pisang? Di Bali, batang pohon pisang muda menjadi hidangan sayur sedap bernama Jukut Ares. Rasa gurih hidangan ini berasal dari tulang ayam yang direbus bersama irisan batang pohon pisang.

Sayur ini memiliki tekstur renyah dengan rasa yang gurih sedap. Benar-benar otentik kuliner khas Bali.

15. Nasi Kuning

Terakhir adalah Nasi Kuning khas Bali. Hal yang membuat berbeda dengan Nasi Kuning dari daerah lain adalah lauk pauk yang menjadi pelengkap. Nasi Kuning khas Bali tentu tersaji bersama masakan pelengkap yang juga khas Bali, antara lain Ayam Betutu, Sayur Lawar, sambal, hingga kerupuk, dan lalapan berupa tauge muda.

Yuk, Coba Semua Kuliner Khas Bali!

Demikianlah 15 rekomendasi makanan di Bali. Kamu harus sempatkan untuk mencoba semuanya. Sebab, pulau Bali tidak hanya surga untuk menikmati alam, tetapi juga wisata kuliner.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam Bali yang menakjubkan dan merasakan kehangatan budaya lokal. Dengan menyewa villa mewah dari Bali Premium Villa, Anda dapat menikmati privasi yang eksklusif sambil menikmati pemandangan spektakuler sekitarnya. Bali Premium Trip juga akan memastikan perjalanan Anda semakin berkesan dengan menyediakan mobil mewah yang nyaman dan sopir berpengalaman. Jadikan liburan Anda di Bali sebagai pengalaman yang tak terlupakan dengan Bali Premium Villa dan Bali Premium Trip.

Postingan Lainnya

Rekomendasi Villa Untuk Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *